Kecepatan Internet di Indonesia Makin Kencang

Bicara soal internet, belum seluruh wilayah Indonesia ter-cover. Namun, kecepatan internet di Indonesia setidaknya sudah menunjukan peningkatan. Setidaknya hal ini terlihat dari laporan State of Internet pada kuartal IV 2015 yang dirilis oleh Akamai, penyedia content delivery network.

Mengacu pada laporan tersebut, kecepatan Internet di Indonesia mencapai 3,9 Mbps pada kuartal IV 2015. Angka ini meningkat 109 % dibandingkan pada kuartal yang sama pada tahun sebelumnya.

Peningkata ini termasuk yang tertinggi di antara beberapa negara Asia Tenggara. Posisi di bawahnya ditempati Vietnam dengan peningkatan 43 %. Sementara Filipina tertinggal di bawahnya lagi dengan peningkatan ‘hanya’ 18 %.

Laporan ini juga mengungkap Indonesia menjadi negera keenam di dunia yang memiliki capaian akses internet maksimal. Mengacu pada tabel laporan tersebut, Indonesia tercatat memiliki kecepatan akses internet maksimal 79,8 atau meningkat 495 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Meski ada sejumlah peningkatan yang signifikan dalam penggunaan internet, tetapi soal pemerataan akses internet Indonesia masih meninggalkan ‘noktah’. Akamai mencatat hanya 0,5 persen pengguna internet di Tanah Air yang bsia menikmati kecepatan konseksi internet di atas 15 Mbps. Angka tersebut terpaut jauh dengan negara lain, misalnya Jepang yang 40 persen pengguna internet dapat menikmati kecepatan internet 15 Mbps.

by IY**** BeritaNet.com

Booking.com